Mispersepsi Lingkup Kerja Engineer


Sebuah quote dari salah satu group di Facebook, couldnt agree more than this lah pokonamah!

I have officially reached a point where if someone would now ask me if Electronic/Electrical Engineers fix TVs and VCRs I am going to punch them so hard that they forget what a TV is in the first place. My full respect to all technicians and repairmen, but that is not what engineers do.

There is so much misunderstanding about what an Electronic/Electrical Engineer or any kind of Engineer for that matter does, whether Electrical, Computer, Civil, Mechanical, Nucleur… It’s not only a problem within the engineering fields but with any university discipline. Many people are ignorant and do not understand what a particular discipline involves. Engineering though is probably the most affected by this ignorance as the things we deal with are too intellectually difficult for most people to even start to comprehend.

Speaking as an Electronic Engineer, even if I tried explaining what I do to someone they just do not understand and end up with the conclusion that we fix TVs (that’s if they didn’t think that in the first place). So what do we do? you probably wouldn’t understand if we told you and if you do understand then you should already know.

http://www.facebook.com/group.php?gid=7155434306

wkwkwk 😀

F4154LMAN Was Here


Mungkin akhir-akhir ini akan ada banyak orang yang bertanya-tanya, kemanakah gerangan si F4154LMAN? sudah 2 bulanan ini beliau (ceile.. kata ganti yg aneh lg bwt diri sendiri 😆 ) tidak mengupdate postingan blognya.

Maka dari itu dengan dirilisnya tulisan ini, kami bermaksud untuk memberi klarifikasi bahwa yang bersangkutan saat ini (pas tulisan ini lg ditulis) Alhamdulillah baik-baik saja tidak kurang suatu apa.

Adapun alasan beliau tidak mengisi dalam 2 bulan ini dikarenakan satu dan lain hal yang beliau sendiri masih ga jelas ditambah lagi sifatnya yang punya sedikit kecenderungan perfeksionis dalam hal tulis-menulis.

Demikian kiranya kabar dari redaksi untuk dapat dimaklumi pembaca setia sekalian.

Ttd

-a/n F4154LMAN-

*yeah, post selingan ini hampir saja memecahkan rekor postingan terpendek (dan ter-‘gak jelas pisan’)* <- cuman gara2 ditambahin tulisan sebelah ini jd gak jadi deh hihi.. <- lah tulisan ini juga sama aja, kamu cuman nambah2 banyak <- @all:  -___-” gubrakz!

2 Tahun Blog {F4154LMAN}


Alhamdulillah, gak kerasa blog si gw (hmm.. sejak kapan saya menggunakan kata gw sebagai kata ganti orang pertama?) udah dua tahun usianya (blog dibuat 30 November 2006 dan posting pertama tanggal 14 Desember 2006).. kalau dia tuh diibaratkan manusia, bisa dibilang sekarang sedang masa lucu2nya.. wew! Lanjutkan membaca “2 Tahun Blog {F4154LMAN}”

Cara Buat Blog dalam 35 Bahasa Sekaligus dengan Google Translate


Google Translate kini akhirnya mendukung bahasa Indonesia, asiiik… Buat saya pribadi, yg menarik dari updatenya Google Translate ini bukan karena dia bisa nerjemahin bahasa XYZ ke bahasa Indonesia (karena cukup diterjemahin ke bahasa inggris juga, saya insyaAllah udah cukup ngerti), tapi lebih dikarenakan dia bisa nerjemahin Bahasa Indonesia ke bahasa lainnya itu… yah meskipun hasil terjemahannya masih rada2 kacaw (ancur pisan malah! mungkin gara2 gaya bahasa sayanya juga yang kacaw beliaw trus diterjemahin malah jadi lucu dibacanya :)) tapi gpp lumayan lah yg penting kan sedikitnya bisa dimengerti 8)

Misalkan saya ambil contoh artikel lama saya, silakan bandingkan artikel aslinya dengan bahasa Inggrisnya atau bahasa Latvianya (kenapa harus bahasa Latvia coba?). Nah, hat.. lihat… jadi sekarang orang luar dari negara antah berantah yg gak bisa bahasa Indonesia pun bisa ngerti blog saya, yang berarti Blog ini sekarang Go International, huehehe.. 😀

~~~

Maka dari itu jika Anda tidak mengerti bahasa Indonesia namun sangat ingin mengerti isi blog ini, silakan pilih bahasa yang Anda mengerti diantara list blog saya dalam bahasa2 lain ini 8) :

1. في اللغة العربية (Arabic)
2. на български език (Bulgarian)
3. al idioma català (Catalan)
4. 在中国(简体)(Simplified Chinese)
5. 在中國語言(繁體)(Traditional Chinese)
6. u hrvatskom jeziku (Croatian)
7. v českém jazyce (Czech)
8. i det danske sprog (Danish)
9. in de Nederlandse taal (Dutch)
10. in the English language (English)
11. sa wikang Filipino (Filipino)
12. vuonna suomen kieli (Finnish)
13. dans la langue française (France)
14. in deutscher Sprache (German)
15. στα ελληνικά (Greek)
16. על השפה העברית (Hebrew)
17. हिंदी म (Hindi)
18. in lingua italiana (Italian)
19. 日本語で (Japanese)
20. 한국의 언어로 (Korean)
21. kas latviešu valodā (Latvian)
22. į lietuvių kalbą (Lithuanian)
23. i norsk språk (Norwegian)
24. w języku polskim (Polish)
25. no idioma Português (Portuguese)
26. în limba română (Romanian)
27. на русском языке (Russian)
28. на српском језику (Serbian)
29. v slovenskom jazyku (Slovak)
30. v Slovenski jezik (Slovenian)
31. en español (Spanish)
32. i det svenska språket (Swedish)
33. українською мовою (Ukrainian)
34. trong ngôn ngữ Việt Nam (Vietnamese)

CMIIW Lanjutkan membaca “Cara Buat Blog dalam 35 Bahasa Sekaligus dengan Google Translate”

Iseng2 Sekalian Nulis Buku..


Sebenernya udah sejak setahun yang lalu punya keinginan buat nulis buku tentang Flash, cuman sampai sekarang keinginan itu masih tetep aja berupa “keinginan”… hehehe 😀 nulis blog juga dulunya ingin nulis artikel2 Flash (liat aja kategori/tag apa yg paling banyak) sampai nanti kalau udah banyak dikumpul dan…jreng3x…jadilah buku. 8) Alhamdulillah sampai sekarang setidaknya sudah menyusun kerangka tulisan (eh? baru kerangka? 😳 ), ditambah belasan artikel jadi yang mudah2an bisa dikembangin, Judulnya nanti mungkin “kreasi media interaktif dengan Flash” (atau apalah, bagusnya apa yak?), dan hebatnya lagi biarpun belum ada isinya tapi udah ada desain covernya lho.. hehehe (nggak penting). [Image]

SKS itu adalah…


kalau di dunia perkuliahan, dikenal sebuah istilah bernama SKS (singkatan dari Satuan Kredit Semester). Aslinya, ketika kita mengambil kuliah sebanyak 18 SKS misalnya, itu berarti setiap minggunya kita mengambil 18 jam untuk kuliah + 18 jam untuk tugas/PR + 18 jam belajar mandiri. Meskipun pada kenyataannya sangat jauh berbeda 🙂

Selain itu, ada juga istilah SKS yang memiliki pengertian berbeda yaitu metode belajar cepat ( 😀 istilahnya koq kaya bimbel ya). Tetapi ntah kenapa justru istilah ini yang sangat populer di kalangan pelajar. yaitu SKS berarti Sistem Kebut S…. huruf S-nya bisa diganti dengan: sesemester, sebulan, seminggu, sehari, semalam, subuh, sejam, semenit, sedetik (wow! ga mungkin), dan semacamnya…

.

.

.

ada apa sih nulis ini?

yap, benar, practice make perfect,,,hehehe… sekarang saya ingin mencoba mempraktekkan nih metoda SKS :mrgreen: apa bisa efektif ya? mudah2anlah… mohon maaf kepada teman atau fans (hueks.. *muntah2*) yang akan mengirim pesan ym atawa e-mail kepada saya selama beberapa hari ini. Saya mungkin tidak bisa membacanya karena sibuk 😉

Selamat ujian…

Lanjutkan membaca “SKS itu adalah…”

Statistik Blog Setahun


Salah satu diantara sekian banyak fitur yang menarik di WordPress yang membuat Saya tidak pindah ke lain hati, selain karena administrasinya yang lengkap dan mudah, theme yang keren2, sidebar widgets yg enak ngeditnya, pengelolaan komentar (bisa liat IP komentatornya lagi 🙂 ), editor tulisan, bisa cepat jadi paling atas di google ( 😛 serius!), bla..bla.. bla.. dan masih2 banyak lagi (padahal blog gratisan ini fasilitas WP-nya dibatasi, ga bisa ngedit php/css-nya, ga bisa nambahin plugin WP, themenya juga terbatas), yaitu karena di WP informasi traffic blognya lengkap. Saya bisa lihat semua informasi tentang statistik harian/mingguan/bulanan, daftar perujuk blog setiap harinya, istilah (keyword yang diketikkan pengunjung) dari search-engine yang menyebabkan orang nyasar ke blog ini, link apa saja yang diklik, jumlah tulisan, jumlah komentar, jumlah spam, dan sebagainya (males nulisnya… 🙂 ). yang belum pernah coba silakan dicoba sendiri..

Nah, berikut ini statistik bulanan blog Saya selama setahun (meskipun blog ini jarang Saya update 😆 ) dari bulan Desember 2006 sampai Desember 2007 :
(lumayanlah untuk sebuah blog yang jarang diurus, ahahaha…)
stats-bulan.jpg

Statistik mingguan dari pekan ke-27 hingga pekan ke-50 di tahun 2007:
stats-minggu.jpg

Statistik harian dari 16 November 2007 hingga sekarang (15 Desember 2007)
stats-hari.jpg

Tulisan yang paling banyak dibaca selama setahun (waduh, kebanyakan artikel tentang flash :mrgreen: ):
tulisanteratas.jpg

Daftar istilah search-engine yang datang kesini tidak bisa ditampilkan karena terlalu banyak (per harinya ada lebih dari 20 keyword), tapi ada keyword yang anehnya bisa nyasar kesini: “cara mudah membuat bom” WOW! keren, Saya sendiri malah ga tahu di blog ini ada tutorialnya 😕
keren.jpg

1 Tahun https://faisalman.wordpress.com


Blog adalah trend sesat,eh..sesaat.

Maybe yes.. maybe no…. Tapi yang jelas, pendapat tersebut tidak berlaku untuk blog yang hingga detik ini masih eksis! Ya, pada hari ini https://faisalman.wordpress.com genap setahun.

Dilihat dari sejarahnya, blog ini dibuat dan ditulis pertama kali pada 12 Desember 2007 dari salah satu komputer dalam jaringan 167.205.0.0/16 (tidak saya catat persisnya 🙂 ). Lupa, sadar atau tidak, ternyata blog ini dimulai dari sebuah kata pengantar: Bismillah.., seperti halnya memulai setiap perbuatan baik, dengan harapan mudah-mudahan ini bisa bermanfaat. Makanya slogan blog ini: “Menulis untuk belajar, dan belajar untuk menulis. blog dengan isi campur-campur, semua boleh baca dan komentar disini”.

Sebenarnya waktu itu terinspirasi untuk membuat blog dari seorang dosen kuliah konsep teknologi, Pak Budi Raharjo. (padahal kuliah kontek angkatan Saya tidak ada tugas buat blog lho, he..3x jadi asli iseng). Sebelumnya bingung juga mau buat dimana, tapi karena waktu itu baca artikelnya Pak Budi jadi ikutan buat di wordpress… dan ternyata memang maknyus, fasilitasnya wordpress benar2 memanjakan blogger. Hanya saja karena waktu itu Saya tidak begitu bersemangat untuk mengapdetnya, jadilah blog ini kekeringan (vakum) selama beberapa bulan dari Desember 2006 hingga akhir Mei 2007 (hanya diselingi ‘hujan sehari’ di 15 Maret 2007 🙂 ). Barulah kemudian mulai tanggal 28 Mei 2007 saya mulai mengupdate blog ini secara berkala. Lanjutkan membaca “1 Tahun https://faisalman.wordpress.com”

Blog Ini Sedang Liburan


Bagi para pembaca setia blog baru ini, Saya meminta maaf karena selama ini Saya tidak mengisi lagi blog ini, alasannya adalah karena selama bulan Juli ini adalah waktunya bagi Saya untuk rehat sejenak, istilah kerennya di kalangan pelajar: liburan (sebenarnya juga karena selama liburan ini Saya tidak ada akses internet). karena itulah mungkin Anda semua akan melihat bahwa blog ini sudah tidak diperbaharui sejak 2 minggu yang lalu, dan mungkin juga akan tidak di-update selama beberapa minggu hari ke depan. Namun, mudah-mudahan tidak menjadikan Anda berhenti dari memberikan masukan, ide-ide, maupun komentar pada artikel-artikel sebelumnya di blog ini, karena diantara padatnya liburan ini Saya sekali-sekali masih menyempatkan diri untuk mampir ke tempat yang menyediakan internet —yah, meski hanya sebentar.
Karena itu, mari berharap semoga liburan cepat berlalu… dan Saya bisa kembali ke ‘bangku sekolah’ yang ‘menyenangkan‘ 😛